Jumat, 19 Maret 2010

Fedora 10 Telah Rilis





Dua kali setahun, atau enam bulan setelah Fedora 9 'Sulphur', seperti telah dijadwalkan pada hari ini telah rilis Fedora 10 dengan nama kode 'Cambridge'. Fedora 10 yang anyar ini sekaligus merupakan ujicoba teknologi yang nantinya digunakan untuk membangun Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 6. Ia tidak menjanjikan proses boot super cepat, namun berkat Kernel-Based Mode-Setting dan program Plymouth proses start diklaim lebih indah.

Fedora 10 mengemas desktop GNOME 2.24.1, KDE 4.1.2, OpenOffice 3.0, Firefox 3.0.4, Linux 2.6.27.5, X.org-X-Server 1.5.3, Glibc 2.9 dan RPM 4.6. Banyak fitur baru seperti versi 'Glitch-Free' untuk PulseAudio, sistem Security, Audit dan Intrusion-Detection Sectool, PackageKit-Framework, software konfigurasi printer dengan fitur baru dan dukungan untuk Adhoc-Network/Connection Sharing melengkapi NetworkManager, menjadikan Cambridge sebagai salah satu distro dengan fitur terdepan yang dipastikan akan diikuti distro-distro lainnya.



First Aid Kit yang disertakan dengan tujuan agar perbaikan terhadap masalah dapat diproses secara otomatis. Sistem berkas eCryptfs ditingkatkan, sedangkan ext4 untuk pertama kalinya dalam versi stabil. Kecuali itu, sebagai dukungan terhadap XFS, ia dapat dipasang saat instalasi. Kernel Linux 2.6.27 yang disertakan, telah memiliki fitur paravirt_ops yang langsung mendukung virtualisasi dan paket yang dibutuhkan untuk itu seperti libvirt 0.4.6, virt-manager 0.6.0 dan peralatan lainnya juga telah disediakan. Xen (hanya sebagai DomU) telah diaktualisasi ke versi 3.3.0.

source : http://gudanglinux.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar