Tentang Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan
video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna
dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari
dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan,
multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun
secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil
produk, bahkan sebagai media kios informasi
dan pelatihan dalam
sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia
sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan
perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan
hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima
harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin
reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah
dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang
dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini
menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan
berupa cetakan melainkan aroma.
Sejarah
Multimedia
· Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer.
Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut
pertunjukan multimedia.
· Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan
diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman
oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual
connection(AVC) dan video adhapter card ps/2
· Pada
tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem
multimedia dipasaran.
· Multimedia memungkinkan pemakai
komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih
kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai dapat
melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan
mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik.
· Beberapa
sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output
dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan
menjalankan aplikasi itu.
Pengertian multimedia
Ø Multi-banyak,
Media-sarana berkomunikasi untuk melewatkan informasi.
Ø Suatu
sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat –
alat lain seperti televisi, monitor video dan sistem piringan optik atau
sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkan penyajian audio
visual yang utuh.
Beberapa pakar mengartikan
multimedia sebagai berikut :
- Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc Cormick,1996)
- Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data,media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002)
- Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
- Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
“ Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi)
dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan
pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi “
Kelebihan
Multimedia
Dari
berbagai media informasi, multimedia memilki suatu kelebihan tersendiri
yang tidak dapat digantikan oleh penyajian media informasi lainya.
Kelebihan dari multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan
antara pandangan,suara dan gerakan.
Lembaga
riset dan penerbitan komputer yaitu Computer Technology Research (CTR)
menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 % dari yang dilihat
dan 30 % dari yang didengar. Tetapi orang mengingat 50 % dari yang
dilihat dan didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan
sekaligus.
Komponen Multimedia
Menurut James A. Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element multimedia, seperti yang rerlihat dalam gambar dibawah ini :
Menurut James A. Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element multimedia, seperti yang rerlihat dalam gambar dibawah ini :
a. Teks
Bentuk data multimedia yang
paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk
kata, surat
atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks
bergantung kepada penggunaan aplikasi multimedia.
b. Image (grafik)
Alasan untuk menggunakan
gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih
menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan
teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang
kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat
berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi
yang bisa dipilih.
c. Bunyi (audio)
PC multimedia tanpa bunyi hanya
disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam
multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara. Seperti
halnya grafis, dapat membeli ataupun menciptakan sendiri.
d. Video
Video menyediakan sumberdaya
yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
e. Animasi
Dalam multimedia, animasi
merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
f. Virtual Reality
Virtual reality merupakan penggunaan multimedia untuk penerapan
secara langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar